Aku Ingin Tuhan Menyerah

Pada akhirnya aku kehilanganmu, lagi. Tapi tidak dengan puisimu bukan?

Aku mencoba merangkai kembali kisah kita keping demi keping yang berserakan dalam ingatanku. Menyusuri taman sesak harum bunga mawar sembari memetik duri-duri tajamnya. Aku adalah seorang gadis yang mati sesaat setelah kau pergi lalu membawaku dalam sebuah ruang keputusasaan. Aku adalah Subadra, sedang kau adalah Arjuna yang sempat menyelamatkanku dari angkuh Duryudhana.

Malam ini kita bersimpuh di hadapan Tuhan. Memberikan penawaran dalam kata demi kata yang terangkai indah sebab kita tak pernah berhenti untuk melantunkannya: sebuah doa. Di malam yang akan berakhir, ketika setiap manusia berpikir bahwa Tuhan mungkin menerima tawaran kita, ketika ketenangan dan kesunyian menjelma pintu yang membawa setiap manusia bercengkrama  dengan Tuhan, ketika tangis dan keresahan hati menggoyahkan jalan yang sudah Tuhan ciptakan. Aku percaya engkau akan menyerah, Tuhan.

Tapi waktu telah lama membeku.
Jalan kau temui buntu di depanmu

Tapi kini kau asing bagiku.
Melawan arus mimpi-mimpimu.
Sebab, hidupmu terbelah di tanganku.

Barangkali, kamu lekas menyadari. Lihat, seberapa pengecut kita berdua yang berlari dari takdir dan memilih untuk merayu Tuhan dengan doa di setiap bait kita ciptakan syair-syair yang selalu terbentang dalam kesunyian malam. Dengar, suaraku lantang tanpa pernah berhenti berdengung dalam ingatanmu seakan menjagamu dari bising binatang malam yang berusaha mengganggumu dengan bait-bait yang kita ciptakan.

Tapi hadirmu menggerus sepiku.
Menyeka air mata selang kepergianmu.
Menutup luka selepas tajamnya kalimatmu.

Sebab hadirmu merebut sepiku.
Mengais kenangan yang lama bertahan tanpamu.
Meruntuhkan kesendirian yang terbangun tanpamu.

Aku ingin Tuhan menyerah. Namun, selagi aku memandangi bintang yang berkedip ketika kaki-kakiku merasa lelah dan sejenak bersandar di bahu jalan, aku melihatmu pergi berbalik arah. Aku ingin Tuhan menyerah, tapi yang kulihat adalah ragamu yang menjauh lalu menyerah.

"I will always hold you close, but I will learn to let you go." - Light, Sleeping At Last


-rtb